Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru Dan Lengkap

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar - pada dasarnya untuk melamar diperusahaan atau diinstansi yang akan anda lamar tentu saja akan membutuhkan dan memerlukan surat lamaran kerja, tentu hal ini sangat berkaitan erat, sebab surat lamaran dan CV yang nantinya akan anda buat akan berdampak pada nasib apakah anda akan diterima atau ditolak oleh perusahaan yang akan anda lamar tersebut.

Jadi perlu diingat dan diperhatikan bahwa surat lamaran kerja yang anda buat ini tentu saja akan menentukan semuanya, karena sudah jelas jika anda ingin perusahaan atau instansi yang anda lamar tersebut memanggil anda, maka anda harus membuat surat lamaran kerja yang baik, sopan dan tentu saja dalam pembuatannya juga harus benar dan rapi. 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Dan berikut ini kami berikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi untuk melamar di instansi atau perusahaan yang anda inginkan.

1. Contoh yang pertama ini adalah contoh surat lamaran kerja yang bersumber dari salah satu media, entah itu media cetak, elektronik ataupun yang lainnya, dan anda bisa menggunakannya untuk melamar kerja sesuai dengan posisi yang anda inginkan.
Bandung, 15 Juli 2018

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Hoki Jaya
Jl. Jend. Basuki Kav. 89,Bandung Utara

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari media (anda bisa menulis seperti Internet atau surat kabar) Berita Loker, bahwa  PT. Hoki Jaya saat ini sedang membuka lowongan kerja untuk posisi sebagai Staff Keuangan. Melalui surat lamaran ini, saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini, berikut data diri saya:

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

    Nama                                   : Devi Devianti
    Tempat/Tanggal Lahir             : Bandung, 28 Oktober 2000
    Pendidikan Terakhir                : S1 Akuntansi
    Alamat                                  : Jl. CBT Raya No. 10 RT/RW 001/002
    Telepon/HP                            : 081.....

Sebagai bahan pertimbangan saya juga melampirkan kelengkapan berkas sebagai berikut:
  • Pas Foto Ukuran 3×4
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Photo Copy KTP.
  • Photo Copy NPWP (jika ada)
  • Photo Copy Ijazah
  • Photo Copy Transkrip Nilai
  • Photo Copy Surat Keterangan Pencari Kerja (Kartu Kuning)
  • Photo Copy SKCK
  • Photo Copy Sertifikat Kompetensi
Demikian surat permohonan lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya Bapak / Ibu selaku pimpinan perusahaan untuk dapat mempertimbangkannya. Atas perhatian serta kerjasamanya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Devi Devianti
2. Contoh yang kedua ini merupakan Contoh Surat Lamaran Kerja bisa anda gunakan untuk melamar kerja di Pabrik, namun contoh lamaran yang satu ini juga bisa digunakan untuk melamar diperusahaan yang anda inginkan tentu saja dengan posisi yang sesuai dengan anda, dan anda tinggam memodifikasinya saja.
Jakarta, 18 Juli 2018

Lampiran : ... Lembar
Perihal     : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.
Kepala Personalia PT. Aku Cinta Kamu
Di tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                               : Egy Maulana
Tempat Tanggal Lahir        : Jakarta, 30 Juli 1993
Alamat Domisili                 : Jl. Setia No. 01 Blok Z Jakarta Timur
Pendidikan                        : SMK Teknik Otomotif
Nomor Hp.                        : 082....

Dengan ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di
PT. Aku Cinta Kamu sebagai operator produksi.

Keahlian yang saya miliki adalah mengoperasikan mesin perkakas, dan saya juga memiliki pengalaman kerja sebagai operator mesin CNC di salah satu perusahaan ternama di Cikarang.

Dengan modal keahlian dan pengalaman yang saya miliki, tentunya saya sangat berharap dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan beberapa berkas persyaratan yang diminta oleh perusahaan:

  • Foto Copy Ijazah Terakhir
  • Foto Copy Transkrip Nilai
  • Foto Copy e-KTP
  • Foto Copy Kartu Sehat Dari Dokter
  • Foto Copy Kartu Keluarga
  • Foto Copy SKCK
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Pas Photo 4×6 (2 lembar)
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima dan bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Atas perhatian dan pertimbangannya Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.


Egy Maulana
3. Contoh Surat Lamaran Kerja yang ketiga ini bisa anda gunakan untuk melamar kerja di bank, namun anda juga bisa mneggunakannya contoh ini untuk melamar di perusahaan atau instansi yang lain.
Tasikmalaya, 30 Juli 2018

Hal : Lamaran Kerja

Kepada Yth.,
Manager HRD PT BANK ......
Jl. Blabla No.198
Tasikmalaya

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh (anda bisa gunakan bahasa yang menurut anda sopan) dari situs resmi Bank ..., yakni perihal lowongan kerja untuk menempati posisi sebagai Customer Service di Bank...., dengan ini saya:

Nama Lengkap               : Windy Yulia
Tempat/Tanggal Lahir     : Tasikmalaya, 30 Juli 1996
Status                           : Belum Menikah
Alamat Rumah               : Jl. Suka Hati Blok 1, Tasikamalaya
Pendidikan                     : S1 Akuntasi Universitas Siliwangi
IPK                                : 3.50
No. Telp/Email                : 081... / Juli30@gmail.com

Mengajukan diri untuk melamar kerja di Bank.. untuk bagian Customer Service.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan surat ini :
  • Pas Foto Berwarna ukuran 4×6 4 lembar
  • Foto Copy KTP
  • Curriculum Vitae
  • Foto Copy Ijazah
  • Foto Copy Transkip Nilai
  • Foto Copy SKCK
  • Foto Copy Sertifikat Pelatihan
Dengan penuh harap agar Bapak/Ibu pimpinan berkenaan untuk memberikan kesempatan wawancara kepada saya. Sehingga saya dapat menjelaskan secara terperinci mengenai potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatiannya.

Hormat Saya
 

Windy Yulia
4. Pada contoh surat lamaran kerja yang ke empat ini adalah contoh yang menurut saya sangat simpel dan tentu saja surat lamaran ini langsung mengarah pada intinya.
Surabaya, 20 Juli 2018

Kepada
Yth. HRD PT FREE ASYIK
Di Surabaya

Dengan hormat,

Saya, Dinda Ananda, (anda bisa menambahkan umur atau usia, atau tidak juga itu terserah anda) mengharapkan kesempatan untuk mengisi posisi sebagai (........ tanda titik-titik ini bisa anda gunakan untuk mengisi posisi yang anda inginkan seperti Admin, Accounting atau Customer Service dll) yang sedang Bapak/Ibu (atau perusahaan) butuhkan. Sebagai penilaian latar belakang, saya merupakan lulusan S1 Manajemen dari Universitas....... dan saya sempat bekerja sebagai...... di sebuah perusahaan (PT.......) selama 2 tahun. Kemampuan lain yang saya miliki adalah menguasai bahasa Jepang, Inggris, dan Jerman. Untuk pertimbangan lebih lanjut, saya juga sudah mencantumkan berkas di lampiran sebagai kelengkapan dari persayaratan.

*CATATAN, 
Jika contoh yang satu ini dianggap terlalu singkat, mungkin anda bisa menambahkan sedikit informasi atau keterangaan lainnya, yang tentu saja merupakan bagian dari anda.
.........................

Semoga pengajuan lamaran kerja ini berkenan bagi Bapak/Ibu.

Terima kasih atas perhatiannya,

Hormat saya,

Dinda Ananda
5. Contoh yang kelima ini merupakan contoh surat lamaran kerja yang terbaru, disamping simpel, contoh surat lamaran ini mungkin yang sering dan banyak digunakan.
Kepada Yth,
Manajer HRD
PT. Wika Persada
Jakarta Timur

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan yang diunggah (posting) di akun (anda bisa gunakan sosmed, situs resmi atau lainnya)......... PT. Wika Persada pada tanggal 02 Agustus 2018, dengan ini saya ingin mengajukan diri untuk bergabung pada posisi ......, dan berikut data diri saya:

    Nama: Cinta Laura
    Usia: 22 tahun
    Pendidikan terakhir: Universitas Indonesia (S1)


Saya memiliki kemampuan ........ yang baik dan dapat menggunakan (mengoperasikan komputer) aplikasi MS Office, dan internet. Saya juga telah melampirkan data-data tambahan yang dibutuhkan dalam attachment.

Saya berharap (agar) Ibu/bapak bersedia (berkenan) (meluangkan waktu untuk) memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan potensi diri secara (lebih) (detail/terperinci/optimal) (namun dalam hal ini saya lebih suka mengunakan kata) maksimal.

Terima kasih atas perhatiannya,

Hormat saya,

Cinta Laura, SE 
KENEPA ADA TANDA (...)? itu dibuat agar anda dapat menentukan kata yang sesuai, dan anda bisa mengganti atau merubahnya.

Contoh surat lamaran kerja diatas ini dapat anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan, anda juga bisa menggabungkan atau mencari katayang tepat dan sopan untuk membuta surat lamaran yang layak menurut anda.

Perlu di ingat, didalam pembuatan contoh surat lamaran kerja, sebaiknya jangan terlalu bertele-tele, tulis dengan cara yang singkat padat dan jelas, namun tentu saja harus rapi dan sopan. Demikianlah Contoh surat lamaran kerja ini saya buat, semoga bermanfaar dan semoga sukses.